Peran IWITA untuk Perempuan Indonesia


KSB dan IWITA
Rabu, 19 Desember 2018. Komunitas Sahabat Blogger (KSB) berkesempatan untuk datang pada event sharing bersama Indonesia Women IT Awarness (IWITA) dengan tema "Bersama IWITA Membangun Kesadaran Perempuan Terhadap Teknologi Digital Menyongsong Era Industri 4.0" di  Burger King Plaza Festival, Kuningan, Jakarta Selatan. Dengan tujuan untuk menginisiasi kaum perempuan untuk lebih melek teknologi.

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisikinternet untuk segalakomputasi awan dan komputasi kognitif. (Sumber-wikipedia).

Lalu bagaimana wanita masa kini dapat meningkatkan kesadaran akan digital literasi yang semakin membumi di era industri 4.0?

Ibu. Murdika Darmayanti - Ketua Umum IWITA
Diwakili oleh ketua umum IWITA, Ibu Mudarika Darmayanti yang pada awal tahun 2018 join bersama IWITA untuk melengkapi knowledge di bidang digital marketing, menjelaskan bahwa menurutnya, pada tahun 2016 pengguna paling aktif di sosial media di Indonesia adalah wanita usia 20-35 tahun, lebih aktif dibandingkan laki-laki, walaupun lebih intens di facebook dan whatsapp. Namun informasi  penggunaan sosial media sudah terlihat "oportunity" bagaimana bersosialisasi dengan gadget sehingga mendatangkan financial. 

Sebut saja sebuah Brand/client terlihat peduli pada potensi besar perempuan, menurut Hilton di tahun 2013 brand dapat terkenal karena 3 hal, yaitu :
  1. Informasi dari teman
  2. Comunity dan 
  3. Sosial media. 
Jadi untuk promosi melalui media cetak ataupun TV adalah fasilitas yang lama. Iklan yang terkenal adalah yang memiliki durasi 15 detik. Seperti iklan shopee. 

Unicorn company adalah perusahaan yang dalam semalam dapat memiliki penghasilan diatas 1 milyar. Bergerak di bidang online yang hampir tidak memiliki infrastruktur.  

Semua e-commerce di Indonesia, tercatat pada tanggal 12 Desember 2018, transaksinya mencapai 1,2 triliyun sehingga menarik seorang Jack Ma bos besar Alibaba bersedia menjadi penasehat e-commerce di Indonesia dilatarbelakangi oleh power e-comerce Indonesia yang sangat pesat. Terlihat dari ekspedisi yang ada di Indonesia mengalami overload. 

Belum lama ini Iwita sosialisasikan tentang agen 'Pegadaian' yang sudah mulai sadar bahwa nasabah nya menurun sejak 2 tahun yang lalu sekitar 30%. Karena anak muda usia 20-23 tahun sudah tidak memiliki minat untuk memiliki emas juga properti. Lebih berpikir memiliki handphone yang fungsinya kini sangat besar dalam bersosialisasi melalui sosial media. Terlebih untuk berjualan online.

Hal tersebut membuat pegadaian bebenah diri, dengan metode tabungan emas dan gadai barang eletronik. Dan merambah ke gadai cafe dengan sasaran anak muda dengan menghadirkan barista international.

Diah Patresia seorang entrepreneur wanita yang kini menjadi seorang milyader dari usaha batiknya yang meraih omset 4 milyar. Membuat konsep yang mengedepankan minat anak muda juga melibatkan kaum difable dalam produksinya adalah salah satu cara yang elegan.

Beberapa hal diatas tentu saja contoh yang menginspirasi perempuan masa kini tanpa batasan usia untuk dapat lebih mengembangkan potensi bisnisnya dengan mengkolaborasikannya bersama teknologi industri 4.0.

Hari Ibu dapat menjadi momen yang tepat menggalakan digital literasi dengan digital ekonomi yang bersinergi dengan digital marketing yang terarah. Kaum Ibu adalah perempuan-perempuan yang melahirkan perempuan lainnya. Dengan potensi yang akan lebih berkembang jika kerap disosialisasikan bahwa kebutuhan saat ini apabila dikombinasikan dengan digital literasi yang tepat sasaran.

Ibu. Martha Simajuntak - Founder IWITA
Selamat hari Ibu untuk seluruh ibu di dunia, semangat melakukan perubahan dengan sinergi yang mengikuti zaman. Bersama IWITA wadah yang di lahirkan oleh seorang Ibu bernama Martha Simajuntak, adalah ruang yang sangat berpengaruh untuk perkembangan perempuan di Indonesia. Ide brilian Ibu Martha dalam membentuk wadah yang mengedepankan kemajuan perempuan Indonesia adalah hal yang patut diapresiasi. Salam sukses untuk IWITA dan perempuan Indonesia.

Video Harapan peserta Sharing Session terhadap peran IWITA

Komentar

  1. Bonit keceh abizz tulisannya.
    Menginspirasi..😍
    Tapi itu kenapa video covernya hidung nya berbunga 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin hidungnya lagi bahagia mbak.. ^^
      makasih kunjungannyaa... :D

      Hapus
  2. Saya pria berkeluarga, tapi Alhamdulillah sudah ketiga kalinya hadir di acara IWITA seperti ini. Sukses untuk IWITA dan terima kasih atas artikelnya. Salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya IWITA tidak permasalahkan gender Pak,:D
      Thanks untuk tetap eksis support perempuan Indonesia dalam bidang apapun, apalagi untuk hal positif.. ^^

      Hapus
  3. Ternyata dengan bermedsos kita bisa mendapatkan income lho, bisa mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita juga.

    BalasHapus

Posting Komentar

Makasih buat jejaknya... ^_^

Postingan populer dari blog ini

Edukasi Fintech dari Cashwagon untuk Warga Purwakarta

Good Smile, Good Life!