Waspadai Nyeri pada Tulang Belakang


Karena sehat adalah faktor utama yang menjadi modal dalam melakukan aktivitas. Maka menjaganya adalah kewajiban. Apapun, ketika perkara sakit sudah kita alami, biasanya menyesal dikemudian hari. Yup! Kita sering lengah soal menjaga kesehatan, tidak mempedulikan pola makan sehat bahkan sampai lupa istirahat. Untuk itu pentingnya menghindari hal-hal yang mengakibatkan kondisi tubuh melemah. Terlebih mengenai nyeri pada tulang belakang.  


Minggu, 29 Desember 2019 di RS. Premier Jatinegara diadakan Blogger dan Vlogger Gathering. Acara yang dihelat secara talkshow ini mengedukasi tentang Kesehatan dan mengangkat tema “Nyeri pada Tulang Belakang”. dengan Narasumber dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K)

Semua hal, mulai dari otot, tulang sendi dan saraf hingga bantalan dapat menyebabkan sakit nyeri tulang belakang. Nyeri pada tulang belakang lebih sering terjadi pada usia 30-40 tahun keatas, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak dan remaja.  Dalam beberapa kasus, nyeri pada tulang belakang dapat mengakibatkan kecacatan.  

Menurut dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K), tubuh (tulang belakang) pada manusia itu terdiri dari 33 ruas yang berbentuk cincin, yang diantara cincin terdapat jaringan ikatnya. Diibaratkan didalam itu terdapat shockbrecker yang apabila melakukan kebiasaan yang salah, kondisi tulang tidak proposional lagi.


Adapun penyebab nyeri pada tulang belakang adalah sbb:
  1. Posisi yang kurang baik saat beraktivitas
  2. Tarikan otot pada saat olah raga yang tanpa pemanasan
  3. Kejang – kejang
  4. Rusaknya bantalan
  5. Cedera tulang patah akibat kecelakaan
  6. Mengangkat beban yang terlalu berat dll 
Bahkan sakit kepala pun bisa menimbulkan back pain, karena jepitan saraf yang tidak normal. Perlu sekali kehati-hatian dalam hal ini.  Karenanya dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) menegaskan, bahwa apabila nyeri tulang belakang yang kita alami sampai pada kasus penurunan berat badan, demam, nyeri yang konsisten walaupun sudah melakukan istirahat, kesemutan, sering buang air kecil dan lain sebagainya. Hal itu adalah syndrome Tulang belakang yang harus segera di konsultasikan kepada dokter ahli.

Melakukan terapi pijat dan mengonsumsi  jamu  saat mengalami nyeri pada  tulang belakang diperbolehkan, asal saja terapi pijat yang dilakukan pada kasus cedera otot atau bukan karena hal medis. Dan mengonsumsi jamu, sebaiknya jamu yang dibuat sendiri. Karena jamu yang dijual umum tidak 100% alami. Hal ini untuk menghindari adanya penyakit susulan yang diakibatkan dari pijat ataupun mengonsumsi jamu yang dijual secara umum tersebut.

Fakta menarik lainnya pada talkshow kali ini, ternyata botox tidak hanya berguna untuk kecantikan. Namun dapat menjadi alternatif terapi pada penderita nyeri tulang belakang. Karena dengan terapi botox dapat melumpuhkan otot yang sifatnya temporary. 



Alhamdulillah event ini sangat mengedukasi sehingga hadir di event ini dapat semakin memahami bahwa nyeri pada tulang belakang tidak boleh diabaikan. Karena nyeri pada tulang belakang seringkali dianggap sebagai suatu penyakit yang biasa terjadi. Padahal hal ini adalah kekeliruan. Jadii.. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter apabila nyeri yang dialami berkepanjangan. Sehingga dapat segera dikenali gejalanya. 

Tentang RS. Premier Jatinegara:
RS. Premier Jatinegara beralamat di Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87 Jakarta 13310 – Indonesia yang memiliki Premier Executive Clinic yang dirancang untuk masyarakat yang membutuhkan akses cepat dengan waktu terbatas. Klinik ini melayani kasus-kasus non-emergensi dan pengobatan regular, antara lain spesialisasi dan sub-spesialisasi.
  1. Penyakit Dalam
  2. Penyakit Dalam - Endokrin & Metabolik
  3. Penyakit Dalam - Gastro Hepatologi
  4. Penyakit Dalam - Nefrologi
  5. Jantung & Pembuluh Darah
  6. Saraf
  7. THT
  8. Mata
  9. Bedah Onkologi
  10. Kebidanan & Penyakit Kandungan
Yuk mulai waspadai jika mengalami rasa nyeri pada tulang belakang. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Segera konsultasikan pada dokter ahli dan manfaatkan kemudahan pelayanan di RS. Premier Jatinegara. Semoga ulasan ini bermanfaat! 

Komentar

  1. Jadi makin paham saya mbak mengenai penyakit tulang belakang, ternyata harus tetap waspadai jika mengalami rasa nyeri pada tulang belakang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ahli jika punya keluhan nyeri tulang belakang yang berkepanjangan..

      Hapus
  2. Betul nih mengangkat beban berat memang kudu atu2, apalagi ngangkat dari bawah, musti bener posisi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MoM.. ngeri kecenglak, kalo bahasa sundanya.. :D

      Hapus
  3. Wah, Baru tau botox bisa juga buat nyeri tulang punggung/belakang. Selama ini taunya botox itu buat perawatan wajah mahal biar gak kerutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa.. iya mbak.. saya juga baru tahu pas event ini..

      Hapus
  4. Aku sekarang mulai aware banget ga sembarang angkat barang berat. Bahaya juga kalo merasa sok kuat semua barang di rumah di angkat sendiri

    BalasHapus
  5. wah baru tahu botox bisa juga terapi untuk tulang belakang ya mba ga cuman kecantikan aja menarik deh beruntung nih mba bisa hadir di event kerennya

    BalasHapus
  6. Dalam hal memijat pun harus diketahui dulu ya, sakitnya pada bagian otot atau tulangnya. Biar gak salah persepsi dan salah penanganan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull Mbak.. Bukan sembuh malah datang penyakit baru nanti..
      Ngeriii... ^^

      Hapus
  7. Baru tahu aku klo botox bisa mencegah nyeri tulang belakang..
    Kukira cuma buat wajah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. samaa, sayan juga tahu pas event ini.. ^^

      Hapus
  8. Nyeri-nyeri di tulang belakang sering banget aku rasain sejak jadi ibu. Ternyata ga boleh dianggap sepele ya mbak. Treatment nya pun ga boleh sembarangan ya. Memang harus langsung konsul ke ahlinya sih supaya dapat penanganan yang tepat, seperti di RS Premier Jatinegara.

    BalasHapus
  9. ku nggak angkat beban berat.. bukan hanya karena takut sakit tulang belakang sik.. tapi nggak kuat juga :D ... menjaga kesehatan tulang belakang harus tuh

    BalasHapus
  10. Memang perlu banget y mba kita menjaga tulang belakang buat cwek duh jangan deh pake high heels trlalu lama apalagi sering bisa bkin bahaya tulang blakang

    BalasHapus
  11. Ahh, noted soal pijat dan jamu. Emang penting ya untuk memperhatikan kedua hal ini, kalau salah dan tidak tepat malah bisa bikin lebih sakit lagi huhuhu.

    BalasHapus
  12. Ternyata dipijat Sama minum jamu pas badan lagi sakit juga harus hati2. Padahal seringnya kesugesti langsung enakan pasca pijat

    BalasHapus
  13. Sepertinya saya sering juga nih mengalami nyeri tulang belakang kalau angkat benda berat gitu. Ternyata kalau nyerinya disertai dengan penurunan BB, demam, termasuk syndrome ya dan harus dikolsultasikan dengan dokter ahli.

    BalasHapus

Posting Komentar

Makasih buat jejaknya... ^_^

Postingan populer dari blog ini

Edukasi Fintech dari Cashwagon untuk Warga Purwakarta

Bebelac Ciptakan Anak Hebat Lewat BebeLand

Khawatir